Sunday, 31 July 2022

Wajah Baru Taman Ismail Marzuki

Wajah Baru Taman Ismail Marzuki
 
Taman Ismail Marzuki (TIM) ini awalnya bernama Taman Raden Saleh, yang di dalamnya terdapat kebun binatang yang akhirnya dipindahkan ke Ragunan. Kini, TIM menjadi pusat kesenian dengan beragam fasilitas rekreatif edukatif.


Gedung Panjang
Revitalisasi TIM masih berproses, tapi sebagian fasilitas sudah dibuka untuk publik. Salah satunya adalah gedung baru yang diberi nama Gedung Panjang. Konon, Gedung Panjang ini berbentuk not balok Rayuan Pulau Kelapa, salah satu lagu karya Ismail Marzuki. Tapi menurut saya, jika dilihat sekilas gedung ini kok mirip kapal Titanic, hehehe. Di dalam Gedung Panjang ini terdapat fasilitas Perpustakaan Daerah DKI Jakarta, Galeri Seni, PDS H.B. Jassin, dan Galeri Annex.


Planetarium
Planetarium adalah salah salah satu wahana edukatif untuk belajar simulasi semesta dan bintang-bintang. Gedung Planetarium tidak direvitalisasi, dibiarkan apa adanya seperti sebelumnya. Pertunjukan simulasi bintang berlangsung kurang lebih setengah jam dengan diiringi narasi dan musik. Planetarium kadang juga mengadakan kegiatan peneropongan benda-benda langit malam tiap bulan pada tanggal tertentu. Karena kegiatan tersebut gratis, tiket yang bisa dipesan online selalu ludes begitu dibuka.
 

Perpustakaan DKI Jakarta
Perpustakaan Daerah DKI Jakarta dipindahkan ke dalam Gedung Panjang, dari lantai 1 - 3. Tempatnya nyaman dan koleksi bukunya beragam. Jika ingin berkunjung atau meminjam buku, harus registrasi dan reservasi dulu ya ke sini: https://perpustakaan.jakarta.go.id/

Koleksi Buku Perpustakaan DKI Jakarta
Di dalam Perpustakaan DKI Jakarta juga terdapat fasilitas area bermain anak yang edukatif dan luas di lantai 1. Koleksi buku anak juga lumayan banyak, dengan rak yang terpisah tiap-tiap grade.

Rak Sastra Indonesia

Fasilitas TIM lainnya yang sudah dibuka antara lain Gedung Parkir yang atapnya dibuat taman ecogreen. Di bawah area Gedung Parkir tersapat fasilitas pemadam kebakaran. Untuk Masjid Amir Hamzah yang dulunya ada di area depan (yang sekarang dibangun Gedung panjang), sekarang direlokasi ke bagian belakang, tepatnya di depan Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Masjid Amiz Hamzah juga dibuat ecogreen, dengan taman atap dan kolam ikan yang mengitarinya.
 
Fasilitas TIM yang masih dalam proses revitalisasi salah satunya adalah Graha Bhakti Budaya (GBB). GBB berisi teater besar dan kecil untuk pementasan-pementasan budaya atau seni. Can't wait untuk melihat dan menikmati TIM 100% selesai revitalisasinya. Pasti TIM akan semakin keren. Menjadi pusat kebudayaan dan kesenian yang ramah publik. It's recommended place to hang out.

Lokasi TIM sangat mudah dijangkau karena dekat dekat Stasiun Cikini, tepatnya di Jl. Cikini Raya N0. 73 Cikini, Menteng, Jakarta Pusat. And, are you ready to explore TIM more?







Related Articles

No comments:

Post a Comment