Membuat Bio Link dengan Canva


Media sosial seperti Instagram atau Twitter tidak menyediakan ruang tulisan yang panjang. Untuk membagi link yang banyak, kita harus mengumpulkannya dalam satu biolink supaya praktis.

Pengertian Biolink

Biolink adalah website mini yang berisi kumpulan link, bisa berupa link media sosial, nomor kontak, info pendaftaran even, dan lain-lain. 

Linktree menjadi salah satu penyedia layanan biolink yang banyak dipakai. Namun, Canva ternyata juga bisa lho dipakai untuk membuat biolink. Kelebihannya, dengan Canva, kita bisa mengutak-atik desainnya seperti yang kita mau.

 

Cara Membuat Biolink dengan Canva

Membuat biolink dengan Canva sangat mudah dilakukan, berikut langkah-langkahnya:
 

1. Masuk canva.com

2. Pilih Template Biolink

Untuk Canva Pro, template yang bisa dipilih lebih banyak.

www.santiartanti.com

 3. Sesuaikan Design

Kita bisa menyesuaikan design seperti yang kita mau. Misalnya untuk biolink suatu event, kita bisa menambahkan elemen sesuai tema.

 

4. Masukkan Link

Pilih tab menu (titik tiga, di sebelah kanan atas), klik tanda link, lalu masukkan link yang akan dipakai. Kemudian kita bisa menyesuaikan lagi, apakah tulisannya tetap dengan garis bawah atau dihilangkan. Untuk menghilangkan garis bawah bawaan link, kita bisa menghapusnya dengan mengedit pada bagian menu format font.

 
www.santiartanti.com

5. Publish As Website

 Jika design yang diinginkan sudah selesai, pilih menu Publish Website, lalu pilih tampilannya. Untuk tayangan media sosial biasa menggunakan tampilan Scrolling. Dan, taraaa.. design biolink yang dibuat sudah tampil layaknya halaman website.
 
www.santiartanti.com
 

 6. Url Shortener

Jika masih menggunakan canva, url tentu menyesuaikan alamat link canva yang lumayan panjang. Untuk meringkasnya, kita bisa menggunakan bantuan bit.ly atau s.id.

Berikut contoh link dan tampilannya:



Nah, mudah bukan membuat biolink dengan Canva? Canva memang seasyik itu...

Canva juga menyediakan banyak template design yang bisa digunakan sesuai kebutuhan, seperti poster, presentasi, video, dan lain-lain.

Untuk Canva Pro, pilihan designnya banyak dan bagus-bagus. Silahkan klik link ini untuk mencobanya: 

Uji Coba Gratis Canva Pro



You Might Also Like

2 comments