Manisan Kulit Jeruk

Saya suka jeruk. Untuk mengurangi sampahnya, saya mencoba memanfaatkan kulitnya. Awalnya saya akan menjadikannya essence parfum. Tapi karena tahap-tahapnya lumayan lama, akhirnya banting stir saja membuat manisan. Kapan-kapan saja membuat parfumnya.

 

Tidak semua kulit jeruk bisa dijadikan manisan. Yang biasa dibuat manisan adalah jeruk yang kulitnya tebal dan tidak terlalu pahit, misalnya jeruk mandarin atau jeruk bali. Kali ini, saya menggunakan kulit jeruk baby sunkist. Manisan kulit jeruk ini mudah sekali dibuatnya, dan bahan-bahannya pun simpel.


Bahan-bahan manisan kulit jeruk:

1. Kulit jeruk

2. Air

3. Garam

4. Gula

5. Sari jeruk (untuk menguatkan rasa)


Cara membuat manisan kulit jeruk:

1. Kupas jeruk. Potong-potong kulitnya sesuai selera. Saya menggunakan tujuh buah jeruk ukuran sedang.

2. Rebus kulit jeruk dengan dibubuhi sedikit garam. Jika sudah cukup mendidih, angkat dan buang airnya. Konon untuk menghilangkan pahitnya, sesudah direbus, direndam lagi ke dalam air dan didiamkan dulu sehari semalam. Berhubung saya tak sabar menunggu, jadi saya langsung ke tahap selanjutnya.


3. Rebus kembali kulit jeruk dengan sedikit air dan dibubuhi gula sesuai selera. Untuk menguatkan rasa, saya tambahkan sedikit perasan air jeruk. Aduk sampai air menyusut dan kulit jeruk lumayan lunak. Koreksi rasa. Lihat tekstur kulit jeruk, pastikan sudah tidak keras, tapi juga jangan terlalu lunak.

4. Jika sudah matang, angkat kulit jeruk. Tata manisan kulit jeruk pada nampan dan angin-anginkan selama sehari semalam.

5. Setelah sehari semalam, manisan kulit jeruk akan mengering dan mengeras. Taruh dalam toples kering.

Dan, manisan kulit jeruk siap disajikan. Rasanya manis segar dengan sensasi sedikit pahit. Mungkin jika direndam lebih lama, pahitnya akan hilang.

Konon, manisan kulit jeruk ini bisa awet sampai enam bulan.


Manfaat kulit jeruk

Kulit jeruk mengandung pektin yang berfungsi merangsang produksi bakteri baik di saluran cerna. Selain itu, konon kulit jeruk juga mengandung zat bernama polymetholxylated flavones yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan zat limonene yang bersifat antikarsinogen.

Kalau saya, suka dengan sensasi segarnya, jadi bisa digunakan sebagai pengganti permen atau pencuci mulut.

Ternyata, kulit jeruk yang selama ini selalu terbuang bisa dimanfaatkan menjadi camilan sehat. Dan, tampilannya pun cantik nan segar.

Kira-kira, apa lagi ya yang bisa dimanfaatkan menjadi manisan?


You Might Also Like

No comments