Rumah Sakit Indonesia di Gaza


Rumah Sakit Indonesia di Gaza
Rumah Sakit Indonesia di Gaza (Dokumen Foto: MER-C)

Dear gadis Palestina..

Dua tahunan yang lalu, aku menulis puisi tentang Rumah Sakit Indonesia, tepatnya setelah menonton dokumenter tentang kehidupan di Gaza berjudul “Gaza Still Alive” dan menandai satu dekade berdirinya Rumah Sakit Indonesia di Gaza. Kau tahu itu! Jujur, aku berharap bahwa puisi itu tak lagi relevan. Tapi nyatanya, kini masih juga relevan. Itu artinya, negerimu masih terdera penjajahan kejam.

 


Dear gadis Palestina..

Rencana pendirian Rumah sakit Indonesia di Gaza ini melalui lika-liku yang panjang sejak awal tahun 2009, hingga mulai dibangun pada tahun 2011. Seluruh biaya pembangunan berasal dari donasi rakyat Indonesia sejumlah 126 Miliar. Tanahnya merupakan wakaf pemerintah Palestina. Kau tahu, menurutku, ini adalah tautan yang sangat indah antara negeriku dan negerimu.

 


Pada tahun 2010, karena tak kunjung mendapat izin masuk Gaza, MER-C dan aktivis dari beberapa negara mengikuti Misi Freedom Flotilla (Armada Pembebasan Gaza) dengan menaiki kapal milik organisasi IHH Turki bernama “Mavi Marmara”, yang kemudian diserang oleh tentara zionis penjajah. Tekanan internasional sesudah insiden ini membuat perbatasan masuk Gaza agak longgar. Dan pembangunan Rumah sakit Indonesia pun dimulai.

“Terima kasih rayat Indonesia atas bantuan rumah sakit yang saat ini sedang dibangun. Wahai rakyat Gaza Palestina tercinta, jangan pernah bersedih karena di belakang kalian ada rakyat Indonesia.” (Ismail Haniyah, Perdana Menteri Palestina 2013).

 

Rumah Sakit Indonesia di Gaza
Rumah Sakit Indonesia di Gaza (Dokumen Foto: MER-C)

Dear gadis Palestina..

Sesuatu yang kutakutkan terjadi. Kemarin, Rumah Sakit Indonesia menjadi sasaran bombardir zionis penjajah. Sebagian bangunan hancur. Para staf medis, pegawai, pasien, dan relawan diungsikan ke selatan. Kegiatan layanan kesehatan di Rumah Sakit Indonesia lumpuh.

Kami sedih tentu saja. Tapi, kami tak ingin berlarut-larut. Rumah Sakit Indonesia mungkin bisa dihancurkan berkali-kali, tapi InsyaAllah, kami rakyat Indonesia akan membangunnya lagi dan lagi.

Berharap, Rumah Sakit Indonesia segera pulih dan beroperasi kembali, memberikan yang terbaik bagi kemanusiaan.

 

Rumah Sakit Indonesia di Gaza
Info Donasi: https://mer-c.org/donasi-rs-indonesia-gaza-palestina

Bismillah, mari rakyat Indonesia tercinta, kita bangun bersama lagi prasasti persaudaraan ini.




You Might Also Like

No comments