Review Things You May Find Hidden in My Ear

 

 

Dear gadis Palestina..

Gaza mulai dibombardir lagi dengan membabi buta oleh zionis penjajah, setelah seminggu jeda kemanusiaan, setelah sebelumnya selama empat puluh delapan hari serangan genosida meluluhlantakkan sebagian besar wilayah. Syuhada bertambah lagi dan lagi. Dan kekejaman itu pun berlanjut di Tepi Barat.

Aku kehilangan kata dan rasa. Aku tak dapat membayangkan penderitaan itu.

Aku menghibur diri dengan membaca puisi. Puisi dari Gaza.

 


Buku berjudul Things You May Find Hidden in My Ear ini berisi puis-puisi yang ditulis berdasarkan pengalaman pribadi Mosab Abu Toha, seorang anak yang tumbuh dan mendewasa di Gaza. Mosab bertahan sebanyak empat kali dari serangan brutal penjajah. Puisi-puisinya terasa sekali ditulis dari hati, penuh dengan kedukaan dan kemanusiaan yang mendalam.

Membaca puisi-puis dalam buku ini, aku bisa merasakan aroma teh, jeruk, zaitun, mawar, dan seolah dapat melihat pemandangan laut Gaza, terutama pada waktu senja. Aku juga merasa bisa mendengar suara drone, tank berjalan memasuki kawasan tempat tinggal penduduk, dan bom yang tak pernah berhenti menghantui kehidupan sehari-hari. Oh, betapa nestapanya hidup di bawah pendudukan dan pengepungan.

Hal itu bisa kusaksikan selama hampir dua bulan ini melalui layar. Nelangsa sekali ketika kita menyaksikan kebiadaban, tapi tak bisa berbuat apa-apa untuk mencegahnya.

Hatiku terasa hancur berkeping-keping membayangkan hidup terjebak dalam kekejaman semacam itu. Bagaimana anak-anak di Gaza terenggut masa kecilnya, bagaimana mereka menghafal nama-nama peluru yang ditembakkan penjajah, dan bagaimana harus berdamai ketika harus berhadapan dengan kenyataan bahwa keluarganya habis dibombardir.

 


Dear gadis Palestina..

Meskipun dipenuhi dengan puisi-puisi sedih, ada juga beberapa puisi yang menumbuhkan motivasi dan semangat berjuang. Buku ini layak dibaca bagi yang ingin memahami sudut pandang hidup di Gaza yang setiap waktu berisik oleh suara drone pengintai yang diluncurkan penjajah.

Dear gadis Palestina..

Sungguh aku berharap, suatu hari nanti, Gaza tak lagi bising oleh suara drone atau bom, tapi semarak oleh suara-suara burung berkicau, anak-anak bersenda gurau, atau lantunan puisi-puisi indah yang menggambarkan kedamaian dan menentramkan hati siapa saja yang mendengarkannya.

 

Judul Buku: Things You May Find Hidden in My Ear
Pengarang: Mosab Abu Toha
Penerbit: City Lights Books
Terbit: April 2022
ISBN: 9780872868601
e-ISBN: 9780872868885

 

 

 


You Might Also Like

No comments