Review Steal Like an Artist - Austin Kleon

Steal Like an Artist merupakan buku pertama dari trilogi buku tentang kreativitas yang ditulis oleh Austin Kleon. Ketiga buku tersebut adalah Steal Like an Artist, Show Your Work, dan Keep Going.

Saya membacanya sedikit terbalik, Keep Going telah saya selesaikan bertahun lalu dan pernah membuat review-nya di sini. Show Your Work langsung dibaca begitu saya menyelesaikan Steal Like an Artist.

Buku ini diterbitkan pertama kali pada 2012 dan telah cetak ulang sebanyak 5 kali dengan sampul berbeda. Buku yang saya baca ini adalah cetakan pertama Juli 2023, yang merupakan edisi spesial 10 tahun.

Perbedaan dengan edisi reguler sebelumnya adalah terdapat penambahan kata penutup yang lumayan panjang dari Austin Kleon, tentang gagasan yang berhasil bertahan selama satu dekade.

Review Steal Like an Artist


Buku ini ringkas dan padat, sehingga bisa dibaca dan selesai dalam sekali duduk. Berisi 10 poin tentang tips mencuri. Wait, mencuri? Yap, tepatnya ‘mencuri’ karya yang bukan plagiat sehingga tetap terlihat orisinal. Ada satu frase yang sering kita dengar, bahwa tidak ada sesuatu yang baru di bawah matahari. Segala hal yang ada hanya pengulangan dari hal-hal yang sudah ada. Pengulangan itu dilakukan oleh hampir semua seniman, dan bisa dilakukan juga oleh semua profesi, terutama yang berkecimpung dalam dunia kreatif.

Menurut Austin Kleon, mencuri bisa berarti meniru panutan. Akan menjadi luar biasa jika tiruan itu kita ubah menjadi sesuatu yang khas, kita kreasikan, yang tak bisa dilakukan orang lain. Meniru yang bukan plagiat bisa dilakukan dengan cara menyelami jalan pikiran orang lain dan memahami cara mereka memandang dunia. Semua ide baru hanyalah campuran atau leburan dari satu ide lain atau lebih. Kita adalah leburan pilihan dan pengaruh yang kita terima dalam hidup. Kita dibentuk dan dipoles oleh hal-hal yang kita cintai.

Maka, cara terbaik untuk menumbuhkan ide adalah menimbun gagasan bagus. Semakin banyak gagasan ditimbun, semakin banyak pengaruh yang bisa dipilih. Serap ilmu dari tokoh-tokoh. Jika punya panutan, kita bisa belajar apa pun yang kita mau dari mereka.

Review Steal Like an Artist


Kita juga perlu mengenali diri sendiri. Lakukan hal-hal yang disukai setiap hari. Boleh sesekali berpura-pura sampai berhasil. Karena dunia hanya panggung sandiwara, kata William Shakespeare. Karya kita adalah pertunjukan teater. Panggung adalah studio, meja, atau ruang kerja. Kostum adalah baju, atau topi aneh yang membantu berpikir. Properti adalah bahan-bahan, peralatan, dan perangkat. Naskah adalah waktu. Semua berjalan seiring waktu.

Jika kamu seorang penulis, tulis buku yang menarik bagimu atau yang ingin kamu baca. Jika kamu seorang ilustrator atau pelukis, gambar hal yang ingin kamu lihat. Jika mau seorang usahawan, mulailah bisnis yang ingin dijalankan. Jika kamu seorang musisi, mainkan musik yang ingin kamu dengar. Jika kamu seorang produsen, buat produk yang ingin kamu pakai. Dan dari semua itu, kerjakan apa yang ingin kamu selesaikan.

Review Steal Like an Artist


Jika rasa bosan melanda, menjauhlah dari monitor atau kesibukan. Saraf kita bukan jalur satu arah. Kita perlu bergerak. Menunda sesuatu kadang baik, untuk bisa menyerap inspirasi dari hal lain. Luangkan waktu untuk menikmati saat-saat santai. Pergilah jalan-jalan, tetapi tetap terhubung, siapa tahu nanti akan muncul ide baru.

Kerjakan dengan baik dan bagikanlah. Tertariklah pada sesuatu. Kemudian buat orang lain tertarik juga. Ketika kita berbagi proses pada orang banyak, berarti kita sedang belajar.

Jika buku ini boleh saya ringkas dalam satu kalimat, mungkin akan seperti ini: belajarlah tanpa henti dari siapa saja dan dari mana saja! Kuncinya adalah rasa ingin tahu. Kita perlu mencatat hal-hal yang perlu dicatat. Jika perlu, buat "arsip temuan", yang kelak bisa ditemukan dan dihidupkan lagi dalam sebuah karya.

Bahkan dalam keterkungkungan, bosan, bertengkar, atau marah, dari situ dapat terpantik ide-ide. Caranya? Selengkapnya, silakan membaca buku ini.

Review Steal Like an Artist


Barangkali, bahwa buku ini mampu bertahan selama satu dekade adalah karena ide-ide yang dipaparkan ringan, mudah diterima dan merupakan kolase dari gagasan-gagasan orang lain yang telah teruji sebelumnya.


Judul Buku: Steal Like an Artist
Penulis: Austin Kleon
Penerbit: Noura Books
ISBN: 978-623-242-289-3

You Might Also Like

No comments