Review Buku Anak: Warna-Warni Kemah Sains

Warna-Warni Kemah Sains

Blurb:
Bagaimana jika kegiatan berkemah dan percobaan sains dijadikan satu? Ida asal Madura, harus berbagi kamar dengan Irin asal Papua, Nia asal Sumatra Barat, dan Maryam asal Jakarta selama mengikuti kemah sains. Mereka berempat berteman baik sekaligus berselisih paham. Seperti wujud warna dalam sains, persahabatan mereka juga memiliki warna-warni yang menakjubkan. 

 

Warna-Warni Kemah Sains

Review Warna-Warni Kemah Sains

Hayo, siapa yang suka berkemah? Berkemah merupakan kegiatan di alam terbuka yang seru. Lebih seru lagi jika berkemah sambil melakukan percobaan-percobaan sains. Namun apa jadinya jika teman-teman tim satu kamar tidak saling kenal?

Awal mulanya, Ida yang berasal dari Madura tidak mengenal Irin dari Papua, Nia dari Sumatra Barat, dan Maryam dari Jakarta. Mereka sama-sama mengikuti kemah sains yang diadakan di Malang, Jawa Timur. Hmm, bisa dibayangkan dinginnya Malang?


Warna-Warni Kemah Sains

Mereka pun berkenalan dengan cara berbagi camilan dari daerah masing-masing. Dan, brrr.. karena dinginnya Malang, pada malam pertama perkenalan itu, mereka kompak sama-sama tidak mandi, hehehe…

Esoknya mereka mengikuti serangkaian jadwal percobaan sains yang padat. Kira-kira mereka memilih percobaan sains apa saja ya?

Percobaan pertama adalah peneropongan bintang! Wah, ini benar-benar pengalaman baru bagi Ida, Irin, dan Nia yang belum pernah memegang teleskop. Maryam yang anak Jakarta sih sudah pernah ke Planetarium. Tapi karena langit ternyata mendung, percobaan peneropongan bintang pun tertunda.

 

Warna-Warni Kemah Sains

Percobaan selanjutnya adalah memasak dengan bahan telur. Kira-kira mereka akan membuat masakan apa ya? Eh, tapi memangnya memasak ada fenomena sainsnya? Tentu saja ada.

Nah, bagi kalian yang penasaran, baca deh buku karya Kak Ana Falesthein Tahta Alfina ini. Serunya dapat, edukasinya pun padat. Ilustrasi yang dibuat oleh Studio Innerchild pun indah melengkapi keseruan cerita.

Selain peneropongan bintang dan memasak telur, Ida, Irin, Nia, dan Maryam juga melakukan percobaan membuat nada-nada dengan menggunakan botol berisi air, pengamatan ulat dan kumbang, menjemur pakaian, dan pencampuran warna-warna.


Warna-Warni Kemah Sains

Lho kok, sepertinya itu semua adalah benda-benda yang mudah kita temukan ya? Yap, betul! Ternyata sains memang ada di sekeliling kita, tapi terkadang luput dari perhatian.

Wah, kemah sains ini benar-benar menambah pengetahuan Ida, Irin, Nia, dan Maryam. Eh tapi, selama kemah sains ini pula, mereka berselisih paham lho. Apakah mungkin salah satu percobaan sains mampu mendamaikan mereka?


Warna-Warni Kemah Sains

Langsung saja yuk, tuntaskan rasa penasaranmu! kamu bisa membaca buku digitalnya di sini:

Warna-Warni Kemah Sains

Selamat menikmati keseruan berkemah dan menemukan 'keajaiban-keajaiban' sains!

Identitas Buku:

Judul Buku    : Warna-Warni Kemah Sains
Penulis            : Ana Falesthein Tahta Alfina
Ilustrator       : InnerChild
Penerbit        : Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud RI
ISBN               : 978-623-307-001-0
Tebal               : 42 Halaman

You Might Also Like

No comments